STAF AHLI BUPATI BENGKULU SELATAN BIDANG KEMASYARAKATAN DAN SDM

STAF AHLI BUPATI BENGKULU SELATAN BIDANG KEMASYARAKATAN DAN SDM
NOPIAN ANDUSTI, SE.MSP

Kamis, 24 November 2011

JEMBATAN MENUJU MASYARAKAT BERDAYA

         Keraguan akan kemampuan masyarakat desa ternyata terjawab sudah. Jawabanya, ternyata masyarakat mampu jika diberi kesempatan, bahkan dalam melaksanakan program/kegiatan pembangunan fisikpun yang dihasilkan masyarakat jauh lebih baik dibandingkan dengan pihak ke tiga. Ini dapat dibuktikan baik dari sisi kwalitas, efesiensi pembiayaan serta dari sisi manfaat.
               Jawaban ini didapat dari evaluasi pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan, ketika seluruh rangkaian  mulai dari proses penggalian gagasan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pemeliharaan serta pelestarian hasilnya diserahkan penuh kepada masyarakat tanpa intervensi negatif dari pihak manapun, terbukti buahnya lebih manis dan harum. Lalu kenapa tidak dari dulu dilakukan seperti ini, lalu kenapa inisiatif ini hanya datang dari pemerintah pusat, dan kenapa tidak melalui pemeritah lokal atau setidak-tidaknya ada program lokal yang seperti ini.? jawabnya enta di mana.
            Foto-foto di bawah ini, merupakan bukti. Sebagai contoh, telah bertahun-tahun jembatan penghubung antara desa dengan desa diseberang sungai menggunakan jembatan gantung yang tanpa lantai, padahal diseberang sungai terdapat sekolah tempat calon-calon generasi penerus negeri menuntut ilmu, sehingga setiap pagi dan siang murid dan guru melintasi jembatan itu, bergelayutan/bergelantungan bagaikan kelelawar dengan pemandangan yang miris dan menyedihkan. Kemudian, masyarakat secara swadaya memperbaiki kondisi jembatan tersebut secara swadaya/gotong royong dengan kemampuan terbatas.
         Permasalahan tersebut baru tersesaikan melalui PNPM Mandiri Perdesaan. Namun disi lain, masih banyak kalangan yang meragukan integritas pelaku PNPM-Mandiri Perdesaan, bahkan kecurigaanpun muncul...... tapi mari kita berpikir jernih, bahwa di dunia ini masih ada secercah sinar di tengah kegelapan.....







Tidak ada komentar:

Posting Komentar